Friday 14 June 2013

Saat 30 week

===================================
XAC  : 25.77cm
GA     : 30w0d
FTA   : 52.85
EFW  : 1580gr
FL     : 5.87
BPD  : 7.67cm
EDD  : 09-07-2013

BB Ibu (+2Kg, total +8Kg)
===================================

Tak terasa sudah 30 minggu berlalu aku menjalani kehamilan yang sehat ini. Hari ini jadwal aku kontrol ke dokter kandungan. Ya, periksa terakhir selama di Bandung ini. Setelah ini aku berencana untuk kembali ke Solo ke rumah orangtuaku untuk mempersiapkan kelahiran. Maklum anak pertama, diperantauan rasanya belum terlalu berani untuk menjalaninya sendiri karena ayah dedek bulan-bulan ini akan sering keluar kota.

Alhamdulillah selama kehamilan hingga 30 minggu ini aku tidak mengalami terlalu banyak keluhan. Hanya saja permasalahan kulit yang sering aku dapatkan. Ya, linea nigra, hiperpigmentasi, dan stretchmark (Wow!!)
Kalau linea nigra dan hyperpigmentasi aku tidak begitu mengkhawatirkannya karena itu disebabkan karena hormon yang akan hilang dengan sendirinya pasca melahirkan. Tapi stretchmark? wah wah wah....ini yang bakal tidak bisa hilang, hanya bisa disamarkan. Padahal aku dari awal kehamilan sudah berjaga-jaga untuk selalu menjaga kelembaban kulitku agar jika ada pelebaran kuli tidak menimbulkan stretchmark, dengan selalu mengoleskan minyak zaitun. Tapi ada bagian yang tidak pernah aku oleskan karena aku tak menyangka disitu mungkin muncul. Yaa..tidak apa-apalah..kenang-kenangan semasa hamil :D

Back to topic.. hari ini kudapatkan hasil pemeriksaan dedek. Alhamdulillah semua normal. Posisi dedek udah bener, kepalanya dibawah dan tidak ada masalah pada plasenta, air ketuban dan detak jantung. Pinter ya dedek.. ^.^ Makasih juga buat plasenta dan air ketuban yang sudah bekerja sama menjaga dedek...

Oiya, ada yang kelupaan aku tanyakan kepada dokter, yaitu masalah suntik TT. Seharusnya sekarang sudah TT2, tapi dulu waktu sebelum menikah aku baru sekali suntik TT. Kata dokter tidak masalah, suntik TT diperlukan untuk jaga-jaga jika tempat yang digunakan saat bersalin kurang steril. Karena itu, aku melakukan suntik TT2 saat hamil ini agar aku dan bayiku kebal tetanus :)

So Far, semuanya baik dan aku juga sudah boleh untuk melakukan senam hamil. Ayo dedek...kita senam sendiri dirumah :)

No comments:

Post a Comment