Monday 22 April 2013

Yang Suami harus Tahu tentang Kehamilan


Ayah, saat tau bahwa istri anda hamil, apa reaksi anda? Reaksi anda sangat menentukan mood istri anda lho... Tahukah anda saat istri "pengumuman" hamil artinya semua hormon di dalam tubuhnya terjadi banyak perubahan? Wajar jika istri hamil, ia menjadi lebih manja, lebih "rewel" bahkan mungkin ada permintaan yang membuat anda bingung.

@infoHamil. Tapi, kehamilan adalah investasi. Saat anda membahagiakan istri, artinya anda menanamkan benih kebahagiaan pada bayi. Tentunya, pikiran ayah saat mengetahui istri hamil,lebih pada kebutuhan hidup. Misalnya masalah finansial dan biaya hidup ke depan. Tapi yakinlah, anak anda memiliki rejekinya sendiri. Anda boleh berusaha, tapi tetaplah hidup ikhlas dan tenang, untuk istri anda.

Seorang wanita hamil sangatlah hebat karena dengan segala ketidaknyamanan di tubuhnya, ia tetap berusaha menjalani kesehariannya. Apakah anda pernah memeluk istri anda dan mengucapkan terima kasih karena ia telah mengandung buah hati anda berdua?

Ikutlah berinteraksi dengan kegiatan istri anda yang bersangkutan dengan kehamilannya. Antarlah setiap kali kunjungan ke dokter. Ajaklah janin di dalam perut ikut berbicara, bercanda dan bacakan cerita padanya. Istri anda akan merasa nyaman dan bahagia. Kalau istri anda mengalami "ngidam" tunjukkan bahwa anda mengerti keadaannya, & jangan mengomel saat istri minta sesuatu yg sulit.

Ketahuilah, ibu hamil mempunyai mood swing yang sensitif sehingga hal kecil dapat membuatnya sedih. Tapi sebaliknya, hal kecil yang menunjukkan perhatian anda pada istri, akan membuatnya bahagia dan terharu. Selama istri menjalani kehamilan dengan bahagia, kemungkinan besar akan memperlancar proses persalinan dan kelahirannya.

Cobalah bantu istri anda dengan mencari informasi mengenai kehamilan dan persalinan. Mulai dari kesehatan gizi saat hamil. Mungkin kehamilan bukan sesuatu yang dianggap menakutkan oleh istri anda, tapi lebih pada proses persalinan dan melahirkannya. Karena itu, cobalah carikan informasi sebanyak2nya mengenai proses persalinan dan melahirkan yang nyaman bagi istri anda.

Pastikan bahwa anda juga siap untuk mendampingi istri anda saat melahirkan, karena hal ini bisa memberikan kenyamanan padanya.  Statistik juga menunjukkan bahwa saat suami mendampingi di proses persalinan, prosesnya berjalan lebih mudah dan lancar. Tapi yang terpenting, berikan kebebasan bagi istri anda untuk memilih suasana dan kondisi persalinan yang nyaman baginya.

Anda berhak memberikan pendapat, tapi cobalah mengutarakan pendapat anda dengan lembut dan penuh perhatian pada istri. Hadirlah dalam setiap kelas kehamilan yang ingin diikuti istri anda, berikanlah ia dukungan yang membuatnya bangga pada anda. Penting sekali jika anda pun siap untuk mendukung proses Inisiasi Menyusu Dini dan niat istri anda dalam memberikan ASI.

Tapi anda pun harus tau dan mengerti kalau istri anda begitu ngotot dengan proses IMD dan pemberian ASI.  Tidak perlu malu jika anda ikut serta dalam kegiatan yang bersangkutan dengan kehamilan maupun ASI, sebaliknya banggalah!
Dengan mendukung penuh usaha istri anda untuk memberikan yang terbaik pada bayi, artinya anda menambah investasi :) Pahamilah pentingnya proses kelahiran yang nyaman, proses IMD yang panjang dan tenang, juga ASI. Kenapa anda harus paham? Karena pemberian ASI disarankan minimal 6 bulan bahkan sampai 2 tahun.

Dan umumnya, karena niat kuat istri memberikan ASI, kegiatan anda dengan istri sehari2 kadang "terganggu". Tapi mengertilah. Istri anda paham bahwa anda tonggak keluarga yang memikirkan nafkah untuk menghidupi keluarga anda. Tapi anda juga harus tau bahwa nafkah tidak selalu berupa materi. Nafkah batin berupa support bagi istri, akan sangat berarti.

Dari proses kehamilan, persalinan, melahirkan, IMD, ASI, semua ini membutuhkan ketenangan dan kenyamanan agar berjalan lancar. Pastikan anda telah mengetahui informasinya dengan lengkap sehingga anda siap mendampingi istri anda demi anak. Mungkin istri anda bersikap agak aneh dan banyak yang tidak beralasan. Tapi ia berhak untuk menjadi aneh saat hamil.

Proses kehamilan yang anda lalui bersama istri, praktisnya hanya 8 bulan atau 36 minggu krn 4 minggu pertama biasanya belum tau. Manjakanlah istri anda selama ia hamil, cintailah ia dan berterima kasihlah karena ia mampu menjalani semua perubahan tubuhnya. Ada alasannya kenapa Tuhan menciptakan wanita untuk hamil dan melahirkan tetapi bukan pria :)

Mungkin dalam beberapa kasus, ada juga yang merasa belum siap untuk punya anak. Tapi pasrahkan dan yakinlah bahwa anda bisa. Anda juga harus percaya bahwa istri anda mampu menentukan mana yang menurutnya nyaman dan baik untuk si kecil. Anak adalah anugerah terindah yang dikirim untuk merubah hidup orangtuanya, artinya butuh peranan anda dan istri berdua. 

No comments:

Post a Comment