Friday 12 September 2014

Mengajarkan si Kecil Sholat

Kapan ya si kecil sudah harus diajarkan sholat?
Aduh, waktu aku sholat si kecil rewel terus..

Banyak lagi pertanyaan orangtua tentang waktu yang tepat si kecil mengenal sholat. Ya, kita ingat bahwa si kecil adalah peniru yang ulung. Benar?

Sering tanpa kita sadari si kecil sudah bisa ini dan itu tanpa kita ajarkan sebelumnya. Dia, dengan hanya melihat yang kita lakukan sudah dapat menirukan dengan baik. Misalnya, suatu saat ibu sedang membersihkan meja. Sang ibu mengambil sebuah lap, membasahinya, memerahnya, kemudian ia gunakan untuk mengelap meja. Disuatu watu yang lain, sang anak ketika asik bermain, ia menemukan sebuah lap yang mirip dengan yang pernah ibu pakai dulu. Sang anak ingat apa yang ibu pernah lakukan dengan lap ini, ia akan mengikutinya.

Hal serupa bisa kita lakukan untuk melatihnya sholat. Anak saya sejak dini (bayi) sudah saya perkenalkan tentang kebutuhan sholat. Setiap jam sholat, pasti saya ajak anak untuk duduk disamping saya. Ya, awalnya menangis, tidak apa-apa sholat sambil menggendong anak. Lama-kelamaan ia sudah tidak menangis, tapi bereksplorasi kesana-kemari bahkan menunggang ketika sujud. Tidak masalah, anak bisa diberi pengertian. Semakin sering kita mengajaknya sholat, mengikutsertakan dalam menyiapkan peralatan sholat, membacakan bacaan sholat, ia akan paham dan tidaklah heran jika ia juga suka mengikuti gerakan sholat kita. Dan jangan heran, ketika waktu sholat tiba si kecil bahkan lebih rajin dari kita untuk menyiapkan diri untuk sholat.

No comments:

Post a Comment